Senin, 09 Juli 2012

makalah psikologi umum


MAKALAH PSIKOLOGI UMUM
 Lupa dan ingat





Disusun oleh:

                                                  Ketua                            :Akbar Robi Salam
 Sekretaris                      :Armina
 Anggota                         :
1.      Ades Jepiansyah
2.      Anggi Novalia
3.      Ahmad Johari
4.      Aprian Bimansyah
5.      Dini Fitriani
6.      Anna Lestari
7.      Desi Ana
8.      Eta Sari
Kelas                                              : Psikologi Islam 1
                        Dosen Pembimbing                     : M. Darlis

JURUSAN PSIKOLOGI ISLAM FAKULTAS USHULUDDIN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI
PALEMBANG
2010
KATA PENGANTAR

Assalammu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh

Kadang kala manusia dalam mengarungi bahtera hidupnya selalu menemui persoalan, misalnya menemui kesulitan ekonomi, kegagalan dalam mencapai tujuan, seringkali bermalas-malasan, kurang kewibawaan, kurang disukai orang banyak, bahkan kadang kala jiwa terancam. Untuk semua itu hendaklah di hadapi dengan penuh ketaqwaan
Dan tawakal kepada Allah, bukan di hadapi dengan jalan yang menyimpang dari ajaran agama.
Oleh sebab itu kami menyajikan makalah kami ini dengan harapan dapat membantu kawan-kawan, untuk mengetahui betapa eratnya kaitan lupa dan ingat itu dengan jiwa, fikiran, dan juga tingkah laku kita selama ini . 
Dan kami mengucapkan kepada teman-teman apabila dalam penyajian makalah kami ini terdapat kekurangan atau kesalahan, sudilah kiranya teman-teman untuk memberikan kritik dan saran demi lebih sempurnanya makalah yang kami buat ini.  Terimakasih.

Wassalam mualaikum warohmatullahhi wabarohkatuh












DAFTAR ISI


                                              
Halaman

Kata Pengantar………………………………………………………………………………2
Daftar Isi…………………………………………………………………………………….3
Isi…………………………………………………………………………………………..4-6
BAB 1
   LUPA
      A. Faktor yang mempengaruhi atau membuat kita lupa…………...………………........4      B. Secara Garis Besar Lupa Dibedakan Menjadi 3 Macam………..……….…………...4
BAB 2
   INGAT
  1. ingatan dipengaruhi oleh………………….…………………………………............5
  2. Ingatan terbagi atas 2 golongan…….…………………………………….………....5
  3. Gangguan-gangguan pada ingatan………………………….………………….  …5-6
Daftar Pustaka………………………………………………………………………………7
 










BAB 1
LUPA

Lupa dalam pengertian yaitu kita tidak dapat mengingat sesuatu yang di lakukan baik di sengaja maupun tidak.disengaja..
            Contoh : kita sedang mengikuti kegiatan belajar di kampus, ketika sudah belajar kita langsung pulang, padahal pada hal niat awal tadi ialah : sesudah belajar mau keperpustakaan .

A. Faktor-faktor yang mempengaruhi atau membuat kita lupa yaitu :
  1. aktivitas yang terlalu padat
  2. kejenuhan
  3. umur yang sudah tua
  4. menonton film porno
  5. sering di tunda tunda
  6. otak yang sudah capek
Adapun orang sering lupa ingatan sering juga di sebut dengan AMNESIA. Pandangan islam mengenai lupa merupakan hal yang wajar karena ada hadist yang mengatakan semua penyakit  pasti ada obatnya, kecuali penyakit lupa. Dalam psikologi, lupa temasuk gejala sensorik (otak ) karena lupa berhubungan dengan fungsi saraf sensorik di dalam otak, Jika suatu otak berkata tanpa henti niscaya dia akan mengalami kelelahan dan ini bisa menyebabkan seseorang menjadi lupa.

B. Secara garis besar lupa bisa di bedakan menjadi 3 macam yaitu:
  1. lupa dalam arti yang wajar.
  2. lupa dalam arti kecelakaan /terkena penyakit dan lain-lain.
  3. lupa karena disebabkan oleh usia lanjut.



BAB 2
INGAT

Yang dimaksud dengan ingatan ialah daya jiwa. Ingatan ialah suatau daya jiwa kita yang dapat menerima, menyimpan dan memproduksikan kembali pengertian-pengertian atau tanggapan tanggapan kita.

A. Ingatan di pengaruhi oleh :
  1. sifat perseorangan
  2. keaadaan eksternal di luar jiwa (alam sekitar, keadaan jasmani, dan sebagainya )
  3. keadaan jiwa kita (kemauan,  perasaan dan sebagainya )
  4. umur kita

B. Ingatan terbagi atas 2 golongan yaitu :
1.      daya ingat mekanis,  artinya daya ingat itu hanya untuk kesan- kesan pengindraan.
2.      daya ingat logis, artinya daya ingat itu hanya untuk kesan –kesan yang mengandung pengertiaan.

C. Gangguan-gangguan ingatan
  1. lupa : peristiwa yang tidak dapat memproduksikan tanggapan kita.
  2. amnesi : peristwa yang tidak dapat memproduksikan tanggapan karena ingatan kita tidak sehat.
  3. deya vu : ialah sutatu peristiwa seakan-akan sudah pernah. Sesuatu yang sebenarnya belum ( pengenalan tipuan )
  4. jamais vu : ialah peristiwa seakan akan belum pernah kenal kepada sesuatu yang sebenarnya sudah ( lupa tipuan )
  5. depersonalis, ialah suatu peristiwa, seorang seorang tidak mengenal dirinya sendiri .contoh : seseorang berbuat sesuatu, waktu ia ditegur ia tidak mengakui bahwa itu perbuatannya dan dikatakan bahwa itu perbuatan orang lain. Kalau yang dikatakan ini orang besar maka peristiwa ini disebut  GROOTHEIDSWAN
Hasil-hasil banyak sekali yang dapat di pergunakan di sekolah diantaranya ialah :
  1. ingatan bersifat individual, artinya tiap-tiap anak mempunyai tipe-tipe ingatan sendiri.
  2. prestasi ingatan sesaat berhubungan dengan keadaan jasmaniah .
  3. prestasi ingatan dapat diperkuat bila bahan pelajaran diberikan secara :
    1. logis
    2. sistematis, dan
    3. skematis yang semuanya itu di sertai pembangkitan rasa
  4. dengan latihan, fungsi-fungsi menerima dengan memprodoksi dapat diperbaiki
  5. ingatan bisa lebih baik bila bahan diberikan secara sebagian-sebagian dan tiap-tiap bagian diulangi.
  6. untuk memperkuat ingatan perlu diperhatikan tipe-tipe tanggapan anak.
  7. prestasi ingatan dipengaruhi pula oleh : perhatian, alam sekitar, kemauan, sifat watak, dan sebagainya.
















DAFTAR PUSTAKA


1. Sujanto, Agus Psikologi Umum, Jakarta : Bumi Aksara,2009.


























Tidak ada komentar:

Posting Komentar