Senin, 09 Juli 2012

makalah ilmu alam dasar







KATA PENGANTAR

Assalamualaikum waroh matullahhi wabarokatoh
bissmillahirromannirrohim
Puji syukur kami panjatkan atas kehadirat tuhan yang maha esa ,karena atas hidayahnyalah kami bisa menyelesaikan, makala singkat kami ini walupun diisinya nanti masih banyak kekuranganan,baik  kesalahan pengetikan ataupun pembahasa kami minta maaf,makala ini kami susun dengan sedemikian rupa,dan mungkin menurut kalian belum sempurna,tapi inilah karya kami dan walaupun belum sempurna mudah-mudahan bisa sedikit bermanfaat bagi saya dan teman-teman sekalian.amien. 
Wassalam mualaikun waroh matullah hiwabarokatoh



















DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ………………………………………………….........       i

 PENDAHULUHAN……………………………………………..... ………..       1

BAB 1                 perilaku manusia dan dampaknya pada lingkungan……
                             1.  ekspansi dan keserakahan
                             2.  keberadaan sampah plastik
BAB 2                  jangan mengundang azab allah………………………….
                             1.  ketika nikmat diingkari
                             2.kurangnya rasa peduli dengan lingkungan

BAB 3                  mahasiswa taksadar lingkungan………………………….

BAB 4                 be berapa macam perilaku manusia dibumi………………















PENDAHULUAN

A.       tujuan pembuatan makalah
          Menerapkan sistem belajar kami yang lebih memahami, dalam kurun waktu yang sangat singkat, insyaallah mudah kita pahami,di mengerti makna dan artinya dan sekali gus menguji kemampuan kami dalam membuat makalah,karena di sma tidak ada yang namanya membuat makalah,disinilah kami belajar membuat makala walaupun belum sempurna,dan masih acak-acakan, tapi mudah-mudahan ada manfaatnya meskipun sedikit.amien.




















BAB 1
PERILAKU MANUSIA DAN DAMPAKNYA PADA LINGKUNGAN



     Manusia mengubah wajah bumi melebihi spesies maupun dalam sejarah dunia,dan laju tersebut semakin meningkat seiring bertambahnya jumlah penduduk dunia,perkembangan tekhnologi, keburuhan pangan yang melonjak tinggi,serta penggunaan moda transportasi yang berkembang pesat.dan sayangnya,di balik itu semua,terkadang kita melupakan bahwa
Ada makhluk-makhluk lain yang terabaikan.

  1. EKSPANSI DAN KESERAKAHAN

    Keberadaan jalan raya,jalan bebas hambatan,jalan layang,jalur kerita api yang membatu menyebarkan pengaruh manusia lebih jauh,memper luas jangkuan manusia,dan memudahKkan perniagaan  serta mempersingkat perjalanan.namun timbal baliknya adalah mendorong perambahan disekitar kota,membawah perburuan,pembalakan,dan pertanian ke hutan yang semula tidak terjangkau tangan manusia.infrakstruktur yang berkembang pesat itu pula menghancurkan habitat,meningkatkan polusi,dan mempercepat ekspansi perkotaan ke daerah pedesaan.
      Hutan di buka menjadi lahan pertanian ,dengan hampir 35% lahan di bumi yang bebas es sudah dikuasai lahan tanaman pangan dan padang rumput,sehingga setiap tahunnya populasi orang utan menurun dengan cepat karena menjadi korban secara langsung dari kebakaran hutan,menjadi target perburuan,atau kerena hutan sebagai habitat hutan mereka telah rusak akibad keserakahan manusia (newsletter  GREENPEACE Edisi 3 tahun 2008).kerusakan hutan akibad terus-menerus dikoversi untuk perluasan lahan kelapa sawit di beberapa titik hutan disumatra ,Kalimantan ,dan papua telah mendorong terjadinya
Perubahan iklim dan mengiring keberadaan habitat orang utan dan satwa lainnya menuju kepunahan.




  1. KEBERADAAN SAMPAH PLASTIK
Kantong plastic masih menjadi pilihan utama sebagian besar dari manusia untuk pengemas
belanjaan .padahal kantong plastik yang berbahan dasar minyak bumi tidak bisa terurai oleh alam dan berbahaya bagi lingkungan dan satwa liar. 


















BAB 2
JANGAN MENGUNDANG AZAB ALLAH

        engingat bumi tempat tinggal kita saat ini, allah telah mengaturnya sedemikian rupa.desain apik dari sang pencifta itu meliputi udara,hidrologi air,sampai tumbuh-tumbuhan yang menghasilkan oksigen.dalam al-qur’an telah di gambarkan bagaimana allah mengatur keseimbangan alam dengan porsi yang tepat :mengatur antara
 siang dan malam,membagi garis-garis edarnya .sehingga bumi betul-betul menjadi lingkungan yang paling siap untuk menerima kehidupan dengan baik dan aman.

1.  KETIKA NIKMAT DIINGKARI
        Semua itu harus dipahami sebagai nikmat yang harus disyukuri dan dijaga kelestariannya .sebab ketika nikmat di ingkari,maka azab allah yang akan datang (QS, ibrahim [14]:07).
Hanya saja untuk saat ini bumi yang telah memberikan jasa kehidupan itu telah di rusak,sehingga menjadi ancaman serius bagi kehidupan di atasnya.hutan di tebangi sehingga gunung-gunung tak mampu menampung air hujan,tidak memiliki daya untuk menahan curah hujan yang membuat mata air.akibadnya,longsorpun terjadi  dan berbagai bencana menimpa kita.

2.  KURANGNYA RASA PEDULI TERHADAP LINGKUNGAN MENYEBABKAN KERUGIAN PADA MANUSIA ITU SENDIRI
         nasib mereka selanjutnya,dan tanpa memikirkan generasi dan kehidupan selanjutnya,maka 
Kadang kala manusia mementingkan kehidupannya sendiri tanpa memikirkan bagaimana ri itulah allah sangat marah.perlu kita ingat bahwa bencana seringkali diturunkan sebagai akibad dari prilaku manusia itu sendiri yang tidak peduli akan ajarannya.sebab konteks musibah sebagai ujian bagi hamba yang dicintainya ,berbeda dengan bencana sebagai bentuk peringatan ,apa lagi hukuman.jika melihat keserakahan manusia dan kemaksiatan yang meraja lelah maka sangat mungkin bencana ini lebih mendekati pada teguran atau bahkan hukuman.
BAB 3
MAHASISWA TAK SADAR LINGKUNGAN?



             Tanggal 5 juni 2010 diperingati sebagai hari lingkungan hidup sedunia ,namun ironisnya,momentum perayaan ini sepi dan iluk piruk kaum aktifis,baik mahasiswa,LSM,dan apalagi pemerintah nyaris tak ada sedikitpun seruan yang menyuarakan tentang krisis. lingkungan.kondisi ini berbeda jauh dengan momen-moment hari dunia lainnya,seperti hari HIV / AIDS.Bahaya narkoba,HAM,dan lain sebagainya.

             Di manakah  peran aktivis,yang  biasanyanya disuarakan oleh kelompok mahasiswa kritis ?
Tindakan kita dengan kondisi alam yang kian memburuk,sehingga mahasiswa pun seolah emoh lagi walau hanya turun jalan atau aksi damai,misalnya,untuk menyuarakan pentingnya menjaga lingkungan?bukankah mahasiswa selalu bangga dengan pridikat sebagai agent social of changes,atau sebagai gerakan moral force ?
Idealnya ,baik pemerintah,aktivis sosial lingkungan,maupun agamawan,berjalan serempak dengan menosong agenda yang sama,yaitu melakukan kampanye penyadaran kepada masyarakat luas agar menjaga lingkungan sekitar,dengan misalnya,tidak menggunduli hutan,menjaga kebersihan lingkungan (tidak membuang sampah sembarangan,sehingga tidak menyebabkan terjadinya banjir),dan lain sebagainya.

               Setidak-tidaknya ,mahasiswa hemat saya dapat mengambil jalan tengah dengan melakukan
kontrol terhadap peran perintah lewat UU No.32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolahan lingkungan hidup yang harus secara konsisten mampu mengimplimentasikannya ;aktivis lingkungan pun dituntut demikian ,ikut mensosialasikan
sekaligus terus mengkampanyekan bahaya kerusakan alam ;dan bagi agamawan selain mendukung program pemerintah,perlu pula mereinterprestasi dokterin agamanya secara lebih kritis dan aktual sesuai dengan kondisi yang saat ini sedang berlangsung.

BAB 4
MANUSIA DAN LINGKUNGAN HIDUP


A.    lingkungan hidup
             16 september 2008 secara negative itu berarti manusia tidak boleh merusak dan menghancurkan untuk pengharmonisan prilaku manusia dengan ekosistem seluruhnya. Mengontrol prilaku manusia dalam batas-batas keseimbangan kosmis.

B.     refleksi atas etika lingkungan
               johan galtung heru santosa
agama buddha dan ekologi ber pandapat bahwah
30 september 2010 keterkaitan antara agama dan prilaku manusia membawa dampak tingkah laku manusia yang merusak hubungan ekosistem ….hal ini di anjurkan karena pola
Makan daging dapat merusak keseimbangan ekosistem.

Etika lingkungan adalah prilaku manusia dalam mewujkan moral  lingkungan akibadnya keseimbangan ekosistem  pun terganggu.sebaliknya di berikan hukuman bagi yang melanggar atau merusak lingkungan hidup.













DAPTAR PUSTAKA

http:www.google.id/search?hl=id dan client =firebox –adhs =ndbdrls=0rang.mozilla:en us:official d channel =sddsa=Xd ei=N7LCTMH MKPOWCEUA8MWNDVED.prilaku manusi terhadapm bumi spell=i         





  






           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar