CONTOH FORMAT LAPORAN OBSERVASI, PENGARUH SHOLAT DHUHA DAN
MOTIVASI BELAJAR
KATA PENGANTAR
Assalammu’alaykum warahmatullahi
wabarakatuh
Kadang kala manusia dalam mengarungi bahtera hidupnya selalu
menemui persoalan, misalnya menemui kesulitan ekonomi, kegagalan dalam mencapai
tujuan, seringkali bermalas-malasan, kurang kewibawaan, kurang disukai orang
banyak, bahkan kadang kala jiwa terancam. Untuk semua itu hendaklah di hadapi
dengan penuh ketaqwaan
Dan tawakal kepada Allah, bukan di hadapi dengan jalan yang
menyimpang dari ajaran agama.
Oleh sebab itu kami menyajikan makalah kami ini dengan
harapan dapat membantu kawan-kawan, untuk mengetahui betapa eratnya kaitan lupa
dan ingat itu dengan jiwa, fikiran, dan juga tingkah laku kita selama ini
.
Dan kami mengucapkan kepada teman-teman apabila dalam
penyajian makalah kami ini terdapat kekurangan atau kesalahan, sudilah kiranya
teman-teman untuk memberikan kritik dan saran demi lebih sempurnanya makalah
yang kami buat ini. Terimakasih.
Wassalam mualaikum warohmatullahhi
wabarohkatuh
Palembang, oktober 2012
Akbar Robi Salam
BAB.1
PENDAHULUAN
1. Latar
Belakang
Setiap individu mempunyai keunikan masing-masing, kemampuan
dan karakteristiknya masing-masing. Mulai dari yang cepat memahami pelajaran,
hingga yang lamban. Mulai dari yang berprestasi, hingga yang mengalami
kesulitan dalam belajar
tidak jarang dijumpai banyak di realita kehidupan pendidikan
yang bermasalah baik dalam hal interaksi dengan sesama temannya, maupun dalam
hal belajar. Mereka dapat dikategorikan sebagai kelompok yang menuntut layanan
bimbingan yang khusus. Temuan lapangan Sunaryo dkk dalam Sunaryo menunjukkan
bahwa masalah-masalah mahasiswa menyangkut aspek perkembangan fisik, kognitif,
pribadi, dan sosial.
Adanya rentang keragaman individual yang amat lebar
memunculkan populasi khusus target layanan bimbingan, antara lain mencakup:
a. kecerdasan dan kemampuan tinggi
b. mengalami kesulitan belajar
c.
perilaku bermasalah.
Untuk itu kita mestinya memiliki pengetahuan dan
keterampilan tentang jenis-jenis data yang perlu dikumpulkan, sumber untuk
memperoleh data tersebut, cara dan prosedur mendapatkan data, dan keterampilan
dalam menyusun alat pengumpul data serta penggunannya. Pengetahuan dan keterampilan
tersebut sangat berguna dalam pengidentifikasian belajar.
2. Rumusan Masalah
Pada penelitian kali ini, penulis memfokuskan pada mahasiswa
yang sering melaskukan sholat dhuha dan bagaimana, keinginan atau minat
belajarnya/ learned motivation, institut agama islam negeri raden fatah
palembang. adapun perumusan masalahnya ialah sebagai berikut:
- Mengetahui pelaksanaan sholat dhuha
- melihat adanya pengaruh sholat dhuha terhadap motivasi belajar.
- melihat tingkah laku orang yang sering melaksanakan serta melihat keinginan/ motivasi belajar .
3. Metode Penelitian
Metode yang
digunakan dalam penyusunan laporan observasi pengaruh sholat dhuha terhadap
motivasi belajar ini adalah :
1. Studi Pustaka,
(memperoleh informasi dari buku dan internet)
2. Observasi
4. Sistematika
Penulisan
Agar data
tersusun secara sistematis maka laporan ini disusun dengan susunan sebagai
berikut :
BAB I PENDAHULUAN
1 Latar Belakang
2 Rumusan Masalah
3 Tujuan Penulisan
4 Metode
Penelitian
5 Sistematika
Penulisan
BAB II TEORI DAN PEMBAHASAN
a. lansan teori ,Pengertian
sholat duha dan motivasi belajar
b. pengertian
sholat dhuha dan motivasi belajar
c. Tujuan untuk
melihat adanya hubungan antara sholat dhuha dan motivasi belajar
d. Pelaksanaan
di masjid, perpustakaan ushuluddin dan pemikiran islam iain raden fatah
palembang
e. Profil
masjid iain raden fatah palembang
f. Tanggapan
terhadap hubungan sholat duha dan motivasi belajar
g. Persiapan dan kegiatan
meteri dan literatur dari buku
h.Proses
Observasi masjid iain raden fatah palembang besertqa dukomen hasil dari
observasi.
i. .Pengamatan
BAB III PENUTUP
1 Kesimpulan
2 Saran
DAFTAR PUSTAKA
INI HANYA BFORMATNYA YANG LAIN DIKEMBANGKAN SENDIRI OK..
UNTUK KRITIK DAN SARAN SAYA TUNGGU OK....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar